Banner
edukasi
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits :
Pengunjung :
Hari ini :
Hits hari ini :
Member Online : 2
IP : 54.162.241.40
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

ghofarindo    
Agenda
23 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

CONTOH AKRIDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Tanggal : 21-06-2015 14:51, dibaca 896 kali.

AKREDITASI

PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

2013

 

 

 

 

AKREDITASI PERPUSTAKAAN : PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

 

Petunjuk Pengisian :

  1. Kuesioner ini dimaksudkan untuk memperoleh data sehubungan dengan Akreditasi Perpustakaan Sekolah
  2. Kuesioner ini diisi oleh perpustakaan sekolah
  3. Isilah kuesioner ini dengan sejujur-jujurnya
  4. Jawaban dengan memberi tanda silang ( X ) pada jawaban yang anda pilih
  5. Setelah kuesioner ini diisi, harap segera dikirim kembali :

PUSAT PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAN PENGKAJIAN MINAT BACA

PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Up. BIDANG PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI

JL. MEDAN MERDEKA SELATAN NO. 11

JAKARTA 10110

Telp./Fax. 021 – 3448812

 

  1. Perpustakaan yang di akreditasi wajib melampirkan  data pendukung dari komponen perpustakaan yang dinilai berupa statistik data, surat keputusan pendirian, struktur organisasi, pengembangan program, laporan tahunan dan data pendukung lainnya yang didukung oleh video/foto.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 

 

PENGAJUAN AKREDITASI PERPUSTAAN SEKOLAH

 

 

Hari/Tanggal

 

 

 

IDENTITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 

 

Nama Sekolah

SMP Negeri 1 Sleman

 

 

 

 

Alamat

Jln Bhyangkara  27 Medari Caturharjo Sleman

 

 

Kelurahan

Caturharjo

 

 

Kecamatan

Sleman

 

 

Kabupaten/Kota

Sleman

 

 

Provinsi

Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

Nama Kepala Sekolah

Drs. Nugroho Wahyudi, S.Pd

 

 

Email

smpnsatusleman@yahoo.com

 

 

No. Telp/Fax/HP

(0274) 868810 / (0274) 866355

 

 

Nama kepala perpustakaan

Rustamaji, S.Pd.

 

 

Nama tenaga perpustakaan

1.Arif Nurhadi

2.Achmad Rofiudin

3.Muhammad Abdul Ghofur, A.Md

4

 

 

                                                                           

                                                                                                                Sleman,  1 Juni 2015

Mengetahui :

Kepala Sekolah                                                                   Kepala Perpustakaan,

 

 

 

 Drs. NUGRHO WAHYUDI, S.Pd.                                                    RUSTAMAJI, S.Pd.

 

 

 

Komponen dan Indikator Kunci Akreditasi Perpustakaan Sekolah 2015 :

NO

KOMPONEN

JUMLAH INDIKATOR KUNCI

BOBOT

1

Layanan

13

20

2

Kerjasama

2

5

3

Koleksi

11

15

4

Pengorganisasian Materi Perpustakaan

5

10

5

Sumber Daya Manusia

12

15

6

Gedung/ruang, Sarana Prasarana

41

10

7

Anggaran

5

10

8

Manajemen Perpustakaan

4

10

9

Perawatan Koleksi perpustakaan

3

5

 

                                 Jumlah

96

100%

 

 

  1. I.                   Komponen Layanan Total Nilai : 65

No.

Aspek Layanan

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Jam buka perpustakaan per hari

  1. Dalam melayani pemustaka perpustakaan

buka lebih dari 48 jam per hari

  1. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka  42-48 jam per hari
  2. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka 36-41  jam per hari
  3. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka kurang dari 36 jam per hari
  4. Dalam melayani pemustaka perpustakaan bukanya tidak tetap

 

 

2.

Jam buka perpustakaan per minggu

  1. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka lebih dari 48 jam per minggu
  2. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka  42 - 48 jam per minggu
  3. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka 36 - 41 jam per minggu
  4. Dalam melayani pemustaka perpustakaan buka kurang dari 36 jam per minggu
  5. Dalam melayani pemustaka perpustakaan bukanya tidak tetap

 

 

3.

Sistem peminjaman buku

  1. Otomasi terintegrasi
  2. Kombinasi  otomasi dan manual
  3. Manual  memakai sistem kartu
  4. Manual dengan sistem buku besar
  5. Tidak menggunakan sistem peminjaman

 

 

4.

Persentase jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan

  1. Dari jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya lebih dari 80%
  2. Dari jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 61% – 80%
  3. Dari jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 40% – 59%
  4. Dari jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 20% – 39%
  5. Dari jumlah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya kurang dari  20%

 

 

5.

Prosentase jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi angota

  1. Dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya lebih dari 80%
  2. Dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 61% – 80%
  3. Dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 40% – 60%
  4. Dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya 21% – 40%
  5. Dari jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  yang menjadi anggota perpustakaan prosentasenya kurang dari  20%

 

 

6.

Frekuensi rata-rata anggota meminjam buku/bulan

  1. Anggota  (siswa) meminjam buku/bulan rata-rata lebih dari 5 judul
  2. Anggota (siswa  meminjam buku/bulan rata-rata 5 – 4  judul
  3. Anggota (siswa  meminjam buku/bulan rata-rata 3  judul
  4. Anggota(siswa  meminjam buku/bulan rata-rata 4 judul
  5. Anggota (siswa  meminjam buku/bulan rata-rata 1 judul

 

 

7.

Jenis promosi yang pernah dilaksanakan (bisa lebih dari satu)

  1. Promosi yang pernah dilaksanakan adalah brosur, lomba, pameran, penyebaran daftar buku terbaru
  2. Promosi yang pernah dilaksanakan adalah brosur, lomba, penyebaran daftar buku terbaru
  3. Promosi yang pernah dilaksanakan adalah penyebaran daftar buku terbaru
  4. Promosi yang pernah dilaksanakan adalah brosur, penyebaran daftar buku terbaru
  5. Tidak ada promosi yang dilaksanakan

 

 

8.

Berapa kali perpustakaan melaksanakan promosi per tahun

  1. Perpustakaan melaksanakan promosi per tahun lebih dari 3 kali
  2. Perpustakaan melaksanakan promosi per tahun 3 kali
  3. Perpustakaan melaksanakan promosi per tahun 2 kali
  4. Perpustakaan melaksanakan promosi per tahun 1 kali
  5. Perpustakaan tidak pernah melaksanakan promosi

 

 

9.

Pelayanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  1. Pelayanan berbasis TIK di perpustakaan adalah internet dan intranet
  2. Pelayanan berbasis TIK di perpustakaan adalah internet
  3. Pelayanan berbasis TIK di perpustakaan adalah lokal (intranet)
  4. Pelayanan berbasis TIK di perpustakaan adalah dalam persiapan
  5. Tidak ada Pelayanan berbasis TIK di perpustakaan

 

 

10.

Literasi Informasi

  1. Literasi informasi dengan modul
  2. Literasi informasi tanpa  modul
  3. Pendidikan pemustaka
  4. Dalam persiapan
  5. Tidak ada

 

 

 

 

                                             Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. II.                  Komponen Kerjasama Total Nilai : 10

No.

Aspek Kerjasama

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Kerjasama Pengembangan Perpustakaan

  1. Untuk pengembangan perpustakaan bekerjasama dengan pengelola program, pengajar, mahasiswa, Pihak Lain
  2. Untuk pengembangan perpustakaan bekerjasama dengan pengajar, mahasiswa
  3. Untuk pengembangan perpustakaan bekerjasama dengan mahasiswa
  4. Perpustakan dalam persiapan
  5. Tidak ada kerjasama

 

 

2.

Kerjasama Layanan / Peminjaman

  1. Dalam bidang layanan/peminjaman perpustakaan Kerjasama dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi lain di dalam dan luar negeri
  2. Dalam bidang layanan/peminjaman perpustakaan Kerjasama dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi lain di dalam negeri
  3. Dalam bidang layanan/peminjaman perpustakaan Kerjasama dengan dengan perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi
  4. Dalam persiapan kerjasama bidang layanan/peminjaman
  5. Tidak ada kerjasama dalam bidang layanan/peminjaman

 

 

 

  1. III.             Komponen Koleksi Total Nilai : 75

No.

Aspek Koleksi

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Jumlah keseluruhan koleksi (cetak)

  1. Jumlah keseluruhan koleksi (cetak) perpustakaan lebih dari 10.000 judul
  2. Jumlah keseluruhan koleksi (cetak) perpustakaan 5.001 – 10.000  judul
  3. Jumlah keseluruhan koleksi (cetak) perpustakaan 3.001 – 5.000  judul
  4. Jumlah keseluruhan koleksi (cetak) perpustakaan 2.000 – 3.000  judul
  5. Jumlah keseluruhan koleksi (cetak) perpustakaan kurang dari 2000 judul

 

 

2.

Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi

  1. Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi lebih dari 80%
  2. Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi 51 % – 80%
  3. Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi 31 %  – 50%
  4. Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi 20 % – 30%
  5. Persentase koleksi inti (koleksi yang menunjang kurikulum program studi) dari keseluruhan koleksi kurang dari 20%

 

 

3.

Jenis Buku Referens yang dimiliki (cetak)

  1. Buku referens yang dimiliki perpustakaan adalah kamus, ensiklopedia, direktori, handbook, manual dll
  2. Buku referens yang dimiliki perpustakaan adalah kamus, ensiklopedia dan direktori
  3. Buku referens yang dimiliki perpustakaan adalah kamus dan ensiklopedia
  4. Buku referens yang dimiliki perpustakaan adalah kamus
  5. Tidak ada

 

 

4.

Surat kabar yang dilanggan

  1. Perpustakaan melanggan surat kabar lebih dari 5 judul
  2. Perpustakaan melanggan surat kabar 3 – 4 judul
  3. Perpustakaan melanggan surat kabar kurang dari 3 judul
  4. Perpustakaan melanggan surat kabar 1  judul
  5. Perpustakaan tidak melanggan surat kabar

 

 

5.

Perbandingan program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan

  1. Perbandingan program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan adalah 1: 7 judul per program studi
  2. Perbandingan program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan adalah 1:5  judul per program studi
  3. Perbandingan program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan adalah 1:3 judul per program studi
  4. Perbandingan program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan adalah 1 judul per program studi
  5. Tidak ada perbandingan yang jelas antara program studi dengan Jurnal ilmiah  yang dilanggan

 

 

6.

Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi)

  1. Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi) yang dimiliki lebih dari 2000 judul
  2. Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi) yang dimiliki 1500 – 2000 judul
  3. Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi) yang dimiliki 1001 – 1500 judul
  4. Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi) yang dimiliki 500 – 1000 judul
  5. Koleksi khusus (hasil penelitian, skripsi, tesis dan disertasi) yang dimiliki kurang dari  500 judul

 

 

7.

Penambahan koleksi per tahun (ambil yang terbesar)

  1. Penambahan koleksi per tahun (ambil yang terbesar) lebih dari  200 judul atau kurang dari 2%
  2. Penambahan koleksi per tahun (ambil yang terbesar) 101 – 200 judul atau sama dengan 2%
  3. Penambahan koleksi per tahun (ambil yang terbesar) 50 – 100 judul atau kurang dari 2%
  4. Penambahan koleksi per tahun (ambil yang terbesar) kurang dari 50 judul

 

 

8.

Stok Opname

  1. Stok Opname dilakukan 1 tahun sekali
  2. Stok Opname dilakukan 2 tahun sekali
  3. Stok Opname dilakukan 3 tahun sekali
  4. Stok Opname pernah dilakukan tetapi tidak teratur
  5. Stok Opname tidak pernah dilakukan

 

 

9.

Penyiangan

  1. Penyiangan dilakukan 1 tahun sekali
  2. Penyiangan dilakukan 2 tahun sekali
  3. Penyiangan dilakukan 3 tahun sekali
  4. Penyiangan pernah dilakukan tetapi tidak teratur
  5. Penyiangan tidak pernah dilakukan

 

 

10.

Survey kebutuhan koleksi

  1. Survey kebutuhan koleksi dilakukan rutin dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara
  2. Survey kebutuhan koleksi dilakukan rutin dengan menyebarkan kuesioner
  3. Survey kebutuhan koleksi dilakukan rutin dengan wawancara
  4. Survey kebutuhan koleksi dilakukan pernah tetapi tidak rutin
  5. Survey kebutuhan koleksi tidak pernah dilakukan

 

 

11

Sumber daya elektronik (monograf)

  1. Perpustakaan memiliki sumber daya elektronik (monograf) lebih dari 500 judul
  2. Perpustakaan memiliki sumber daya elektronik (monograf) 301 – 500 judul
  3. Perpustakaan memiliki sumber daya elektronik (monograf) 101 – 300 judul
  4. Perpustakaan memiliki sumber daya elektronik (monograf) kurang dari 100 judul
  5. Perpustakaan tidak memiliki sumber daya elektronik (monograf)

 

 

12

Melanggan jurnal  elektronik

  1. Perpustakaan melanggan jurnal elektronik lebih dari 2 judul
  2. Perpustakaan melanggan jurnal elektronik 2 judul
  3. Perpustakaan melanggan jurnal elektronik 1 judul
  4. Perpustakaan dalam persiapan untuk melanggan jurnal elektronik
  5. Perpustakaan tidak melanggan jurnal elektronik

 

 

13

Homepage/website perpustakaan

  1. Homepage/website perpustakaan sudah  ada: dikelola dengan  baik dan diupdate secara rutin
  2. Homepage/website perpustakaan sudah ada: masih dalam penyempurnaan
  3. Homepage/website perpustakaan masih dalam tahap awal  pembuatan
  4. Homepage/website perpustakaan belum ada: baru dalam tahap pengusulan
  5. Homepage/website perpustakaan tidak ada

 

 

14

Sistem otomasi perpustakaan

  1. Sudah memiliki sistem otomasi perpustakaan lengkap dengan modul pengadaan, pengolahan, layanan sirkulasi dan OPAC
  2. Sudah memiliki sistem otomasi modular/belum lengkap à sudah ada OPAC
  3. Sistem otomasi perpustakaan sedang dalam tahap  instalasi/pemasangan
  4. Sistem otomasi perpustakaan dalam tahap perencanaan
  5. Sistem otomasi perpustakaan tidak ada

 

 

15

Jurnal elektronik

  1. Jurnal elektronik sudah melanggan dan menyediakan akses untuk pemustaka dari perpustakaan dan dari luar perpustakaan
  2. Jurnal Elektronik sudah melanggan;  pemustaka  hanya bisa akses dari perpustakaan
  3. Jurnal elektronik sudah melanggan; akses melalui petugas perpustakaan
  4. Jurnal elektronik baru dalam rencana melanggan
  5. Jurnal elektronik Tidak ada

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

  1. IV.            Komponen Pengorganisasian Materi Perpustakaan Total Nilai : 25

No.

Aspek Pengorganisasian Materi Perpustakaan

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Penggunaan alat seleksi bahan perpustakaan

  1. Alat seleksi bahan perpustakaan menggunakan masukan dari pemustaka, komite perpustakaan, timbangan buku, bibliografi, anotasi
  2. Alat seleksi bahan perpustakaan menggunakan masukan dari pemustaka, timbangan buku, bibliografi
  3. Alat seleksi bahan perpustakaan menggunakan masukan dari pemustaka dan timbangan buku
  4. Alat seleksi bahan perpustakaan menggunakan masukan dari pemustaka
  5. Tidak menggunakan alat seleksi bahan perpustakaan

 

 

2.

Pengolahan buku/monograf

  1. Pengolahan buku/monograf meliputi pencatatan dalam buku induk, pengkelasan subyek  bahan perpustakaan dengan menggunakan label warna dan atau notasi klasifikasi, deskripsi bibliografis. Memiliki katalog tambahan dan kartu rak. Catatan: Pencatatan buku induk dan pengkatalogan dilakukan  secara otomasi
  2. Pengolahan buku/monograf meliputi pencatatan dalam buku induk, pengkelasan subyek  bahan perpustakaan dengan menggunakan label warna dan atau notasi klasifikasi, deskripsi bibliografis (pengkatalogan). Memiliki katalog tambahan dan kartu rak. Catatan: Pencatatan buku induk dan pengkatalogan dilakukan dan  secara otomasi
  3. Pengolahan buku/monograf meliputi pencatatan dalam buku induk, pengkelasan subyek  bahan perpustakaan dengan menggunakan label warna dan atau notasi klasifikasi, deskripsi bibliografis. Catatan: Pencatatan buku induk dilakukan secara otomasi
  4. d.      Pengolahan buku/monograf meliputi pencatatan dalam buku induk (inventarisasi), pengkelasan subyek  bahan perpustakaan dengan menggunakan label warna dan atau notasi klasifikasi, deskripsi bibligrafis. Catatan: masih dilakukan secara manual
  5. Pengolahan buku/monograf meliputi pencatatan dalam buku Induk (inventarisasi)

 

 

3.

Pengolahan majalah baru

  1. Pengolahan majalah baru meliputi pencatatan di kartu majalah, katalogisasi (pengkatalogan dan pengklasifikasian), penempatan (dalam file box/kotak majalah), penjilidan majalah untuk nomor lengkap/tahun
  2. Pengolahan majalah baru meliputi pencatatan di kartu majalah, penempatan (dalam file box/kotak majalah), penjilidan majalah untuk nomor lengkap/tahun
  3. Pengolahan majalah baru meliputi penempatan (dalam file box/kotak majalah) dan cara lainnya, pencatatan di kartu majalah
  4. Pengolahan majalah baru meliputi penempatan dalam file box/kotak majalah dan cara lainnya
  5. Majalah baru tidak diatur

 

 

4.

Sistim temu kembali informasi

  1. Temu kembali informasi menggunakan sistim otomasi dan manual (kartu katalog)
  2. Temu kembali informasi menggunakan sistim otomasi
  3. Temu kembali informasi menggunakan sistim manual (kartu katalog)
  4. Temu kembali informasi menggunakan daftar buku
  5. Tidak memiliki sistem temu kembali informasi

 

 

5.

Kelengkapan buku

  1. Buku dilengkapi dengan kartu katalog, kantong kartu buku, slip tanggal kembali, label buku, barcode/chip (sebagai perangkat otomasi)
    1. Buku dilengkapi dengan kartu katalog, kantong kartu buku, slip tanggal kembali, label buku
    2. Buku dilengkapi dengan kartu buku, slip tanggal kembali, label buku
      1. Buku dilengkapi dengan label buku
      2. Tidak memiliki kelengkapan buku

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

  1. V.             Komponen Sumber Daya Manusia Total Nilai : 25

No.

Aspek Sumber Daya Manusia

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Status Tenaga Perpustakaan terdiri dari

  1. Status tenaga perpustakaan terdiri dari kepala perpustakaan, pustakawan, tenaga teknis, tenaga fungsional, lain (peneliti, pranata komputer, arsiparis dll), tenaga honorer
    1. Status tenaga perpustakaan terdiri dari kepala perpustakaan, pustakawan, tenaga teknis, tenaga honorer
    2. Status tenaga perpustakaan terdiri dari pustakawan, tenaga teknis
    3. Status tenaga perpustakaan terdiri dari tenaga teknis, tenaga honorer
    4. Tidak ada tenaga tetap

 

 

2.

Jenjang Pendidikan Formal Tenaga  Perpustakaan terdiri dari

  1. Jenjang pendidikan formal tenaga perpustakaan terdiri dari S2/S1, diploma perpustakaan dan nonperpustakaan, SLTA dan yang sederajat
  2. Jenjang pendidikan formal tenaga perpustakaan terdiri dari S1/diploma perpustakaan, SLTA dan yang sederajat
  3. Jenjang pendidikan formal tenaga perpustakaan terdiri dari diploma perpustakaan, diploma non perpustakaan, SLTA dan yang sederajat
  4. Jenjang pendidikan formal tenaga perpustakaan terdiri dari diploma nonperpustakaan, SLTA dan yang sederajat
  5. Jenjang pendidikan formal tenaga perpustakaan terdiri dari SLTA dan yang sederajat

 

 

3.

Diklat Perpustakaan yang diikuti tenaga Perpustakaan dalam 3 Tahun

  1. Jumlah jam diklat perpustakaan yang diikuti tenaga perpustakaan dalam 3 tahun rata-rata lebih dari 50 jam latihan
  2. Jumlah jam diklat perpustakaan yang diikuti tenaga perpustakaan dalam 3 tahun rata-rata 20 – 50 jam latihan
  3. Jumlah jam diklat perpustakaan yang diikuti tenaga perpustakaan dalam 3 tahun rata-rata 10 – 19 jam latihan
  4. Jumlah jam diklat perpustakaan yang diikuti tenaga perpustakaan dalam 3 tahun rata-rata kurang dari 10 jam latihan
  5. Tenaga perpustakaan tidak pernah mengikuti diklat

 

 

4.

Kegiatan Pengembangan Program Perpustakaan yang Dilakukan Tenaga Perpustakaan

  1. Kegiatan pengembangan program perpustakaan yang dilakukan tenaga perpustakaan adalah mengadakan pendidikan literasi informasi intensif dan terjadwal setiap awal semester
  2. Kegiatan pengembangan program perpustakaan yang dilakukan tenaga perpustakaan adalah Mengadakan pendidikan literasi informasi intensif dan terjadwal  setiap awal tahun penerimaan mahasiswa 
  3. Kegiatan pengembangan program perpustakaan yang dilakukan tenaga perpustakaan adalah memberikan bimbingan pemakai secara informal
  4. Tidak ada program pendidikan literasi informasi dan bimbingan pemakai
  5. Sedang mempersiapkan program pendidikan pemustaka

 

 

5.

Pembinaan Tenaga  yang diikuti Tenaga Perpustakaan

  1. Pembinaan tenaga yang diikuti tenaga perpustakaan adalah mengikuti lomba pustakawan, seminar/workshop, menjadi pengurus organisasi profesi kepustakawanan
  2. Pembinaan tenaga yang diikuti tenaga perpustakaan adalah mengikuti seminar/workshop, menjadi anggota organisasi profesi kepustakawanan
  3. Pembinaan tenaga yang diikuti tenaga perpustakaan adalah mengikuti lomba pustakawan dan mengikuti seminar/workshop
  4. Pembinaan tenaga yang diikuti tenaga perpustakaan adalah mengikuti seminar
  5. Tidak melakukan pembinaan tenaga

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

  1. VI.      Komponen Gedung/ Ruang, Sarana dan Prasarana Total Nilai : 165

No.

Aspek Gedung/Ruang, Sarana dan Prasarana

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Luas gedung/ruang perpustakaan

  1. Gedung/ruang perpustakaan mempunyai luas 1.000 m²
  2. Gedung/ruang perpustakaan mempunyai luas 500 – 999 m²
  3. Gedung/ruang perpustakaan mempunyai luas 250 – 499 m²
  4. Gedung/ruang perpustakaan mempunyai luas 150 – 249 m²
  5. Gedung/ruang perpustakaan mempunyai luas kurang dari 150 m²

 

 

2.

Area Koleksi (45%)

a. Area Bahan rujukan

b. Area Buku teks

c. Area koleksi berkala/jurnal 

    tercetak

d. Area koleksi multimedia

e. Area Surat kabar & Klipping

  1. Luas area koleksi 450 m²
  2. Luas area koleksi 225 – 449 m²
  3. Luas area koleksi 112, 5 – 224 m²
  4. Luas area koleksi 65 – 112 m²
  5. Luas area koleksi kurang dari 65 m²

 

 

3.

Area Pemustaka (25 %)

a. Area Sirkulasi

b. Area baca bercampur koleksi

c. Area katalog perpustakaan

d. Area display koleksi mutakhir

e. Area penitipan barang

f. Area pertemuan

  1. Luas area pemustaka 250 m²
  2. Luas area pemustaka 125 – 249 m²
  3. Luas area pemustaka 62,5 – 124,5 m²
  4. Luas area pemustaka 40 – 62 m²
  5. Luas area pemustaka kurang dari 40 m²

 

 

4.

Area untuk Staf (20%)

a. Ruang kerja pimpinan

b. Ruang Tata usaha

c. Ruang Pengadaan

d. Ruang Pengolahan

f.  Ruang makan

  1. Luas area untuk staf 200 m²
  2. Luas area untuk staf 100 – 198 m²
  3. Luas area untuk staf 50 – 198 m²
  4. Luas area untuk staf 30 – 49 m²
  5. Luas area untuk staf kurang dari 30 m²

 

 

5.

Area lain (10%)

a. Lobi

b. Ruang tamu

c. Toilet

  1. Luas area lain-lain 100 m²
  2. Luas area lain-lain 50 – 99 m2
  3. Luas area lain-lain 25 – 49 m²
  4. Luas area lain-lain 15 – 24 m²
  5. Luas area lain-lain  kurang dari 15 m²

 

 

6.

Kebersihan

  1. Ada tempat sampah, bebas debu, cat tembok dan lantai bersih
  2. Bebas debu, cat tembok dan lantai bersih
  3. Cat tembok dan lantai bersih
  4. Cat tembok dan lantai kotor
  5. Kotor

 

 

7.

Penerangan

  1. Penerangan alami, lampu neon dan lampu pijar
  2. Lampu neon dan lampu pijar
  3. lampu neon saja
  4. Tidak ada alat penerangan (hanya penerangan alami)
  5. Gelap

 

 

8.

Sirkulasi Udara

  1. Ventilasi udara,  Air Conditioner (AC), dan kipas angin
    1. Ventilasi udara dan kipas angin
    2. Ventilasi udara tanpa kipas angin dan AC
    3. Ventilasi udara tidak cukup
    4. Tidak ada ventilasi

 

 

9.

Letak/Lokasi Perpustakaan

  1. Letak/Lokasi Perpustakaan Di pusat kegiatan pembelajaran dan  administrasi PT
  2. Letak/Lokasi Perpustakaan Di pusat kegiatan pembelajaran
  3. Letak/Lokasi Perpustakaan 50 – 100 m dari pusat kegiatan pembelajaran
  4. Letak/Lokasi Perpustakaan 101 – 200 m dari pusat kegiatan pembelajaran
  5. Letak/Lokasi Perpustakaan kurang dari 200 m dari pusat kegiatan pembelajaran

 

 

10.

Keamanan

  1. Ada locker penitipan barang, penjagaan petugas, TV monitor, RFID
  2. Ada locker penitipan barang, penjagaan petugas
  3. Penjagaan petugas
  4. Penjagaan tidak rutin
  5. Tidak ada penjagaan

 

 

11

Rak Buku

  1. Perpustakaan memiliki rak buku lebih dari 12 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak buku 9  – 12 buah
    1. Perpustakaan memiliki rak buku 5 – 9 buah
    2. Perpustakaan memiliki rak buku 2 – 4 buah
    3. Perpustakaan memiliki rak buku 1 buah

 

 

12

Rak Jurnal/Kliping

  1. Perpustakaan memiliki rak jurnal/kliping lebih dari 6 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak jurnal/kliping 4 – 6 buah
  3. Perpustakaan memiliki rak jurnal/kliping 2 – 4 buah
  4. Perpustakaan memiliki rak jurnal/kliping kurang dari 2 buah
  5. Perpustakaan tidak memiliki rak jurnal/kliping

 

 

13

Rak Surat Kabar

  1. Perpustakaan memiliki rak surat kabar lebih dari 2 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak surat kabar 2 buah
  3. Perpustakaan memiliki rak surat kabar 1 buah
    1. rak surat kabar dalam proses pengadaan
    2. Perpustakaan tidak memiliki rak surat kabar

 

 

14

Rak multimedia

  1. Perpustakaan memiliki rak multimedia lebih dari 4 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak multimedia 3 buah
  3. Perpustakaan memiliki rak multimedia 2 buah
  4. Perpustakaan memiliki rak multimedia 1 buah
  5. Tidak ada rak multimedia

 

 

15

Rak Buku Referens

  1. Perpustakaan memiliki rak buku referens lebih dari 4 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak buku referens 3 – 4 buah
  3. Perpustakaan memiliki rak buku referens 2 buah
  4. Perpustakaan memiliki rak buku referens 1 buah
    1. Tidak ada rak buku referens

 

 

16.

Laci Katalog

  1. Perpustakaan memiliki laci katalog lebih dari 2 buah
    1. Perpustakaan memiliki laci katalog 2 buah
    2. Perpustakaan memiliki laci katalog 1 buah
    3. Laci katalog yang dalam proses pengadaan
    4. Tidak ada laci katalog

 

 

17.

Rak Display Buku Baru

  1. Perpustakaan memiliki rak display buku baru lebih dari 2 buah
  2. Perpustakaan memiliki rak display buku baru 1 - 2 buah
    1. Display buku menggunakan meja biasa
    2. Rak display buku baru dalam proses pengadaan
    3. Tidak ada rak display buku baru

 

 

18.

Loker/Lemari Penitipan Tas/Pengunjung

  1. Perpustakaan memiliki loker/lemari penitipan tas/pengunjung lebih dari 1 buah
  2. Perpustakaan memiliki loker/lemari penitipan tas/pengunjung 1 buah
    1. Penitipan tas menggunakan meja biasa
    2. loker/lemari penitipan tas/pengunjung dalam proses pengadaan
    3. Tidak ada loker/lemari penitipan tas/pengunjung

 

 

19.

Filing Kabinet

  1. Perpustakaan memiliki filing kabinet lebih dari 2 buah
    1. Perpustakaan memiliki filing kabinet 2 buah
    2. Perpustakaan memiliki filing kabinet 1 buah
    3. Filing kabinet dalam proses pengadaan
    4. Tidak ada filing kabinet

 

 

20.

Papan Pengumuman

  1. Perpustakaan memiliki papan pengumuman lebih dari 1 buah
  2. Perpustakaan memiliki papan pengumuman 1 buah
  3. Papan pengumuman menggunakan papan tulis/white board
  4. Papan pengumuman dalam proses pengadaan
  5. Tidak ada papan pengumuman

 

 

21.

Meja Belajar Perorangan (Study Carrel)

  1. Perpustakaan memiliki meja belajar perorangan (Study Carrel) lebih dari 20 buah
  2. Perpustakaan memiliki meja belajar perorangan (Study Carrel) 15 – 20 buah
  3. Perpustakaan memiliki meja belajar perorangan (Study Carrel) 10 – 15 buah
  4. Perpustakaan memiliki meja belajar perorangan (Study Carrel) 5 – 9 buah
  5. Perpustakaan memiliki meja belajar perorangan (Study Carrel) kurang dari 5 buah

 

 

22.

Meja Baca (untuk 4 – 8 orang)

  1. Perpustakaan memiliki meja baca (untuk 4 – 8 orang) lebih dari 3 buah
  2. Perpustakaan memiliki meja baca (untuk 4 – 8 orang) 3 buah
  3. Perpustakaan memiliki meja baca (untuk 4 – 8 orang) 2 buah
  4. Perpustakaan memiliki meja baca (untuk 4 – 8 orang) 1 buah
  5. Perpustakaan tidak memiliki meja baca (untuk 4 – 8 orang)

 

 

23.

Meja Sirkulasi

  1. Perpustakaan memiliki meja sirkulasi lebih dari 1 buah
  2. Perpustakaan memiliki meja sirkulasi 1 buah
    1. Sirkulasi menggunakan meja biasa
    2. meja sirkulasi dalam proses pengadaan
    3. Tidak ada meja sirkulasi

 

 

24.

Meja Kerja Petugas

  1. Perpustakaan memiliki meja kerja petugas lebih dari 4 buah
  2. Perpustakaan memiliki meja kerja petugas 4 buah
  3. Perpustakaan memiliki meja kerja petugas 3 buah
  4. Perpustakaan memiliki meja kerja petugas 2 buah
  5. Perpustakaan memiliki meja kerja petugas 1 buah

 

 

25.

Kursi Baca

  1. Perpustakaan memiliki kursi baca lebih dari 20 buah
  2. Perpustakaan memiliki kursi baca 11 – 20 buah
  3. Perpustakaan memiliki kursi baca 5 – 10 buah
  4. Perpustakaan memiliki kursi baca 2 – 4 buah
  5. Perpustakaan memiliki kursi baca 2 buah

 

 

26.

Kursi Tamu

  1. Perpustakaan memiliki kursi tamu lebih dari 5 buah
  2. Perpustakaan memiliki kursi tamu 3 – 5  buah
  3. Perpustakaan memiliki kursi tamu 1 – 3  buah
    1. Kursi tamu dalam proses pengadaan
    2. Tidak ada kursi tamu

 

 

27.

Komputer  dan printer untuk kegiatan pengelolaan perpustakaan

  1. Perpustakaan memiliki lebih dari 4 komputer dan printer 
  2. Perpustakaan memiliki 2 komputer dan printer
  3. Perpustakaan memiliki 1 komputer  dan printer
  4. Perpustakaan memiliki komputer tanpa printer
  5. Tidak ada komputer dan printer

 

 

28.

Scanner

  1. Perpustakaan memiliki lebih dari 2 scanner
  2. Perpustakaan memiliki 2 scanner
  3. Perpustakaan memiliki 1 scanner
  4. Scanner dalam proses pengadaan
  5. Tidak ada Scanner

 

 

29.

Komputer untuk pemustaka  dengan fasilitas  akses Internet

  1. Perpustakaan memiliki Komputer untuk pemustaka  dengan fasilitas  akses Internet lebih dari 4 komputer
  2. Perpustakaan memiliki Komputer untuk pemustaka  dengan fasilitas  akses Internet 2 – 4 komputer
  3. Perpustakaan memiliki Komputer untuk pemustaka  dengan fasilitas  akses Internet 1 – 2 komputer
  4. Komputer untuk pemustaka dengan fasilitas  akses Internet dalam proses pengadaan
  5. Tidak ada komputer untuk pemustaka  dengan fasilitas  akses Internet

 

 

30.

Perangkat Multi media

  1. Perangkat multimedia yang dimiliki perpustakaan adalah salah satu atau semua jenis perangkat multi media (Komputer, VCD/DVD Player dan monitornya, cassette  recorder) berjumlah lebih dari 1 buah
  2. Perangkat multimedia yang dimiliki perpustakaan adalah Komputer, VCD/DVD Player, kaset Recorder
  3. Perangkat multimedia yang dimiliki perpustakaan adalah VCD/DVD Player
  4. Perangkat multimedia yang dimiliki perpustakaan adalah Kaset Recorder
  5. Perpustakaan tidak memiliki perangkat multimedia

 

 

31.

TV

  1. Perpustakaan memiliki TV lebih dari 19 inch
  2. Perpustakaan memiliki TV 19 inch
  3. Perpustakaan memiliki TV 14 inch
  4. TV dalam proses pengadaan
  5. Tidak ada TV

 

 

32.

Kipas Angin

  1. a.     Perpustakaan memiliki kipas angin lebih dari 2 buah
    1. Perpustakaan memiliki kipas angin 2 buah
    2. Perpustakaan memiliki kipas angin 1 buah
    3. Kipas angin dalam proses pengadaan
    4. Tidak ada kipas angin

 

 

33.

AC

  1. Perpustakaan memiliki AC central
  2. Perpustakaan memiliki AC lebih dari 2 buah
  3. Perpustakaan memiliki AC 1 buah
  4. AC dalam proses pengadaan
  5. Tidak ada AC

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

  1. VII.     Komponen Anggaran Total Nilai : 20

No.

Aspek Anggaran

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Sumber Anggaran

  1. Anggaran berasal dari Biaya Operasional Pendidikan (BOP), Block Grant
  2. Anggaran berasal dari Biaya Operasional Pendidikan (BOP)
  3. Anggaran berasal dari Biaya Operasional PT, Block Grant
    1. Tidak memiliki sumber anggaran yang pasti
    2. Tidak ada anggaran

 

 

2.

Jumlah Anggaran/tahun

  1. Jumlah anggaran/tahun lebih dari 200 juta
  2. Jumlah anggaran/tahun 100  – 199 juta
  3. Jumlah anggaran/tahun 50 – 99 juta
  4. Jumlah anggaran/tahun 15 – 49 juta
  5. Jumlah anggaran/tahun kurang dari 15 juta

 

 

3.

Alokasi Anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi

  1. Alokasi anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi lebih dari 5 %
  2. Alokasi anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi 3 % – 5 %
  3. Alokasi anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi 2 %
  4. Alokasi anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi 1 %
  5. Alokasi anggaran untuk perpustakaan dari seluruh anggaran perguruan tinggi kurang dari 1 %

 

 

4.

Pemanfaatan dana

  1. Dana perpustakaan dimanfaatkan untuk pengembangan koleksi, pengembangan SDM, peningkatan sarana perpustakaan dan belanja barang dan jasa lain
  2. Dana perpustakaan dimanfaatkan untuk pengembangan koleksi, peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan, belanja barang dan jasa lain
  3. Dana perpustakaan dimanfaatkan untuk pengembangan koleksi dan peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan
  4. Dana perpustakaan dimanfaatkan untuk pengembangan koleksi, belanja barang dan jasa lainnya
  5. Dana perpustakaan dimanfaatkan untuk pengembangan koleksi

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

 

  1. VIII.            Komponen Manajemen Perpustakaan Total Nilai : 25

No.

Aspek Manajemen Perpustakaan

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Kelembagaan Perpustakaan

  1. Perpustakaan memiliki struktur organisasi dan deskripsi tugas
  2. Perpustakaan memiliki struktur organisasi  lengkap
  3. Perpustakaan memiliki struktur organisasi sederhana
  4. Struktur organisasi perpustakaan sedang dalam proses
  5. Perpustakaan tidak memiliki struktur organisasi

 

 

2.

Line of commands  Kepala Perpustakaan

  1. Line of commands  kepala perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan perguruan tinggi/fakultas
  2. Line of commands  lepala perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada direktur/manajer akademik/pendidikan/SDM
  3. Line of commands  kepala perpustakaan bertanggung jawab pada direktur/manajer non akademik/pendidikan/SDM
  4. Line of commands  kepala perpustakaan ada tapi tidak jelas
  5. Tidak ada Line of commands  kepala perpustakaan

 

 

3.

Pendirian Perpustakaan

  1. Perpustakaan didirikan berdasarkan SK dari pendirian Diknas
  2. Perpustakaan didirikan berdasarkan SK pendirian dari Diknas dalam proses
  3. Perpustakaan didirikan berdasarkan SK pendirian dari rektor
  4. Perpustakaan sedang dalam proses pendiriannya
  5. Tidak ada SK pendirian perpustakaan

 

 

4.

Program Kerja Perpustakaan

  1. Perpustakaan mempunyai program  kerja jangka panjang, menengah, pendek
  2. Perpustakaan mempunyai program kerja jangka menengah dan pendek
  3. Perpustakaan mempunyai program  kerja jangka pendek
  4. Perpustakaan mempunyai program  kerja dalam proses
  5. Perpustakaan Tidak ada program kerja

 

 

5.

Laporan Kegiatan yang disusun

  1. Laporan kegiatan yang disusun adalah laporan bulanan, semester, tahunan
  2. Laporan kegiatan yang disusun adalah laporan bulanan dan tahunan
  3. Laporan kegiatan yang disusun adalah laporan bulanan, laporan kegiatan tidak rutin
  4. Laporan kegiatan yang disusun adalah laporan kegiatan tidak rutin
  5. Tidak ada laporan kegiatan

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. IX.      Komponen Perawatan Koleksi Perpustakaan Total Nilai : 10

No.

Aspek Perawatan Koleksi Perpustakaan

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

Nilai

Total Nilai

1.

Perawatan

  1. Perawatan koleksi perpustakaan meliputi fumigasi, penjilidan/perbaikan dokumen, perbaikan kondisi lingkungan
  2. Perawatan koleksi perpustakaan meliputi penjilidan/perbaikan dokumen, perbaikan kondisi lingkungan setiap tahun
  3. Perawatan koleksi perpustakaan meliputi penjilidan/perbaikan dokumen dan perbaikan kondisi lingkungan kadang-kadang
  4. Perawatan koleksi perpustakaan meliputi penjilidan/perbaikan dokumen
  5. Tidak ada perawatan koleksi perpustakaan

 

 

2.

Penyiangan

  1. Penyiangan dilakukan 2 kali setahun
  2. Penyiangan dilakukan 1 tahun sekali
  3. Penyiangan dilakukan 2 tahun sekali
  4. Penyiangan dilakukan kadang-kadang
  5. Tidak ada penyiangan

 

 

 

 

                                                           Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rekapitulasi Penilaian/Akreditasi Perpustakaan :

 

NO.

KOMPONEN PENILAIAN

 

NILAI

 

BOBOT NILAI

(%)

TOTAL NILAI

1

Layanan

 

20

 

2

Kerjasama

 

5

 

3

Koleksi

 

15

 

4

Pengorganisasian Materi Perpustakaan

 

10

 

5

Sumber Daya Manusia

 

15

 

6

Gedung/ruang, Sarana Prasarana

 

10

 

7

Anggaran

 

10

 

8

Manajemen Perpustakaan

 

10

 

9

Perawatan Koleksi perpustakaan

 

5

 

 

                                 Jumlah

 

100%

 

 

 

Waktu Penilaian :

Nama Perpustakaan :

 

Nilai Total :

Instansi :

 

Nama Asesor :

 

Tanda tangan:

 

Rentang Penilaian :

 

Nilai

Predikat Penilaian

86 –100

Akreditasi A (Amat Baik)

71 – 85

Akreditasi B (Baik)

56 – 70

Akreditasi C (Cukup Baik)

< 56

Tidak Terakreditasi

Catatan :

Nilai 56 batas minimal kelulusan (diakumulasi dari rata-rata semua unsur/komponen)

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas