Login Member
Username:
Password :
Agenda
23 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

MISI SMPN 1 SLEMAN

VISI  :

 

TERWUJUDNYA INSAN YANG BERTAQWA, BERPRESTASI, BERBUDAYA DAN BERWAWASAN GLOBAL

 

MISI :

 

  1. Melaksanakan  pengembangan kurikulum berbasis kompetensi
  2. Melaksanakan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional 
  3. Melaksanakan pengembangan pembelajaaran yang efektif 
  4. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan yang memadai dan  inovatif
  5. Melaksanakan pengembangan lulusan yang berkualitas, berkepribadian, tangguh dan berdaya saing tinggi
  6. Melaksanakan pengembangan kelembagaan dan manajemen sekolah yang  komprehensif
  7. Melaksanakan pembiayaan pendidikan dengan prinsip berkeadilan secara transparan dan akuntabel
  8. Melaksanakan pengembangan sistem  penilaian yang  berencana dan berkala
  9. Melaksanakan pengembangan penghayatan dan pengamalan ajaran agama, etika moral dan karakter bangsa
  10. Melaksanakan pengembangan penataan lingkungan, budaya sekolah yang kondusif, dan mitigasi bencana

 ooOoo

 

  1. 1.      VISI Sekolah
    1. A.     Visi  :

TERWUJUDNYA INSAN YANG BERTAQWA, BERPRESTASI, BERBUDAYA DAN BERWAWASAN GLOBAL

  1. B.     Indikator  Visi :

 

  1. Terwujudnya kurikulum berbasis kompetensi, yang mendorong peserta didik berprestasi secara global baik dalam bidang akademis maupun non akademis
    1. Memiliki kurikulum satuan pendidikan dengan muatan kurikulum berwawasan global
    2. Memiliki silabus, pemetaan kompetensi dasar dan sistem penilaian semua mata pelajaran 
    3. Memiliki Bahan ajar sesuai kebutuhan peserta didik dan berperspektif gender
    4. Memiliki  desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global
    5. Terwujudnya  pendidik dan tenaga kependidikan yang professional  berwawasan global sesuai  tuntutan kurikulum  
      1. Memiliki guru berkualifikasi pendidikan minimal S-1
      2. Guru aktif dalam pengembangan profesi melalui MGMP dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya
      3. Guru menghasilkan penelitian-penelitian ilmiah sebagai pengembangan profesi
      4. Guru melaksanakan  pembelajaran yang berbasis IT
      5. Tenaga kependidikan trampil dalam menggunakan IT
      6. Terlaksana sistem administrasi yang mudah diakses oleh masyarakat luas
      7. Terwujudnya  pembelajaaran yang efektifl sesuai  dengan kebutuhan dan potensi peserta didik  
        1. Terlaksananya inovasi-inovasi pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan metode, strategi pembelajaran kontektual atau CTL (Contextual Teaching and Learning)
        2. Terlaksananya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student center)
        3. Terlaksananya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta gembira, berbobot (PAIKEM GEMBROT) dan menantang
        4. Terlaksanaya model-model pembelajaran dalam proses pembelajaran
        5. Terlaksananya  manajemen kelas sesuai kebutuhan peserta didik
        6. Memiliki desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global
      8. Terwujudnya fasilitas pendidikan yang memadai dan  inovatif sebagai pusat pembudayaan IPTEK dan IMTAQ yang berkarakter bangsa
        1. Memilik  media pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran
        2. memiliki prasarana pendukung pendidikan yang memadai
        3. Memilik peralatan laboraturium computer, IPA, Bahasa dan laboraturium lainnya
        4. Memilik jaringan internet,  baik bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
        5. Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif baik di dalam maupun  di luar ruangan
      9. Terwujudnya  lulusan yang berkualitas , berkepribadian, tangguh dan berdaya saing tinggi
        1. Terlaksana secara optimal remedial teaching dan pengayaan
        2. Meningkatnya pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap semester atau tahunnya
        3. Memegang  kejuaraan lomba pada bidang akademik dan non akademik
        4. Terwujud lulusan yang berilmu, bermoral dan berkepribadian Indonesia
        5. Meningkatnya nilai rata-rata kelulusan 0,1 setiap tahunnya
        6. Berperingkat 5 (lima) besar di Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

  1. Terwujudnya kelembagaan dan manajemen sekolah yang mantap dan  komprehensif
    1. Memilik visi, misi dan tujuan sekolah yang dibuat oleh semua warga sekolah
    2. Memilik rencana kerja  sekolah (RKS) tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang
    3. Terlaksananya pendayagunaan SDM sekolah dengan pembagian tugas secara jelas
    4. Memilik struktur dan keorganisasian  sesuai dengan kebutuhan sekolah
    5. Terimplementasinya Manajemen Berbasis Sekolah mengenai kemandirian, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/ kerjasama, fleksibilitas dan kontinyuitas baik mengenai program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah
    6. Terlaksanya PPDB secara mandiri, transparan dan akuntabel
    7. Terjalin kerjasama/ kemitraan dengan lembaga lain
    8. Memiliki  standar akreditasi sebagai acuan dalam mempersiapkan diri dalam akreditasi sekolah
    9. Terlaksananya system informasi manajemen yang mudah diakses oleh warga sekolah dan masyarakat
    10. Terwujudnya   pembiayaan pendidikan dengan prinsip berkeadilan secara transparan dan akuntabel
      1. Masyarakat  berperan di bidang pembiayaan sekolah melalui  komite sekolah
      2. Terlaksananya program subsidi silang dengan memperhatikan siswa dari keluarga miskin dan siswa berprestasi
      3. Terlaksananya penggalangan dana dari berbagai sumber yang syah, termasuk dari alumni
      4. Terciptanya usaha-usaha dengan pendayagunaan potensi sekolah atau di luar sekolah sebagai unit usaha sekolah
      5. Terwujudnya sistem penilaian yang berencana dan berkala untuk meningkatkan keunggulan lokal, kepentingan nasional  dan mampu berkompetisi secara global

                                                 a.      Memiliki perangkat model-model penilaian pembelajaran yang terprogram

  1.                                                  b.      Terimplementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan bersama, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional
  2.                                                   c.      Memiliki instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
  3.                                                  d.      Memiliki pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau BSNP
  4.                                                  e.      Terlaksananya uji coba, try out dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi
  5.                                                   f.      Terjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik
  6.                                                  g.      Terlaksana kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik
  7. Terwujudnya penghayatan dan pengamalan ajaran agama, etika moral dan karakter bangsa
    1. Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur
    2. Terwujudnya rasa nasionalisme yang tinggi pada peserta didik
    3. Terwujudnya pendidikan berbasis keunggulan lokal, berbudaya, berkearifan lokal dan berkarakter bangsa
    4. Terwujudnya penataan lingkungan budaya sekolah yang kondisif, dan mitigasi bencana.
      1. Terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif.
      2. Implementasi pembudayaan  5S (Senyum, Salam, Sapa, sopan dan santun)
      3. Terciptanya warga sekolah yang peduli terhadap kelas dan lingkungannya dengan melaksanakan TUMITLANGKUNG (tujuh menit untuk kelas dan lingkungan)
      4. Memiliki studio batik, seni dan budaya yang komprehensip
      5. Mitigasi dan tanggap bencana terintegrasi dalam mata pelajaran yang relevan

 

  1. 2.      MISI  Sekolah :

 

  1. Melaksanakan  pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, yang mendorong peserta didik berprestasi secara global baik dalam bidang akademis maupun non akademis
    1. Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan dengan muatan kurikulum berwawasan global
    2. Mengembangkan silabus, pemetaan kompetensi dasar dan sistem penilaian semua mata pelajaran 
    3. Mengembangkan Bahan ajar sesuai kebutuhan peserta didik dan berperspektif gender
    4. Memiliki  desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global
  2. Melaksanakan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan yang professional  berwawasan global sesuai  tuntutan kurikulum
    1. Memfasilitasi  guru untuk mencapai kualifikasi pendidikan minimal S-1
    2. Mengikutsertakan guru dalam pengembangan profesi melalui MGMP dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya
    3. Memfasilitasi guru untuk mengadakan penelitian-penelitain ilmiah sebagai pengembangan profesi
    4. Pembaharuan dalam system pembelajaran menuju pembelajaran yang berbasis IT
    5. Meningkatatkan keterampilan tenaga pendidik dan kependidikan dalam menggunakan

IT

  1. Melaksanakan pengembangan pembelajaaran yang efektifl sesuai  dengan kebutuhan dan potensi peserta didik 
    1. Pengembangan dan inovasi-inovasi pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan metode, strategi pembelajaran kontektual atau CTL (Contextual Teaching and Learning)
    2. Melaksanakan pengembangan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student center)
    3. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta gembira, berbobot (PAIKEM GEMBROT) dan manantang
    4. Mengembangkan model-model pembelajaran
    5. Melaksanakan manajemen kelas sesuai kebutuhan peserta didik
    6. Mengembangkan desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global
  2. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan yang memadai dan  inovatif sebagai pusat pembudayaan IPTEK dan IMTAQ yang berkarakter bangsa
    1. Peningkatan dan pengembangan media pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran
    2. Pengembangan prasarana pendukung pendidikan
    3. Peningkatan dan pengembangan peralatan laboraturium computer, IPA, Bahasa dan laboraturium lainnya
    4. Pengembangan jaringan internet,  baik bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
    5. Menciptakan pengembangan lingkungan belajar yang kondusif baik di dalam maupun  di luar ruangan
  3. Melaksanakan pengembangan  lulusan yang berkualitas, berkepribadian, tangguh dan berdaya saing tinggi
    1. Melaksanakan remedial teaching dan pengayaan
    2. Meningkatkan pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap semester atau tahunnya
    3. Pengembangan kejuaraan lomba pada bidang akademik dan non akademik
    4. Mewujudkan lulusan yang berilmu, bermoral dan berkepribadian Indonesia
    5. Peningkatan nilai rata-rata kelulusan 0,1 setiap tahunnya
    6. Meningkatkan peringkat menjadi 5 besar di Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Melaksanakan pengembangan kelembagaan dan manajemen sekolah yang  komprehensif
    1. Pengembangan visi, misi dan tujuan sekolah oleh semua warga sekolah
    2. Pengembangan dan pembuatan rencana kerja  sekolah (RKS) tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang
    3. Pengembangan pendayagunaan SDM sekolah dengan membuat pembagian tugas secara jelas
    4. Pengembangan struktur dan keorganisasian  sesuai dengan kebutuhan sekolah
    5. Mengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah mengenai kemandirian, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/ kerjasama, fleksibilitas dan kontinyuitas baik mengenai program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah
    6. Melaksanakan dan mengembangkan PPDB secara mandiri, transparan dan akuntabel
    7. Menjalin kerjasama/ kemitraan dengan lembaga lain
    8. Mempersiapkan diri dan mengembangkan standar akreditasi
    9. Melaksanakan dan mengembangkan system informasi manajemen yang mudah diakses oleh warga sekolah dan masyarakat
  5. Melaksanakan pembiayaan pendidikan dengan prinsip berkeadilan secara transparan dan akuntabel
    1. Memberdayakan peran serta masyarakat di bidang pembiayaan sekolah melalui peran komite
    2. Melaksanakan program subsidi silang dengan memperhatikan siswa dari keluarga miskin dan siswa berprestasi
    3. Penggalangan dana dari berbagai sumber yang syah, termasuk dari alumni
    4. Pendayagunaan potensi sekolah untuk menghasilkan keuntungan ekonomi
    5. Menciptakan usaha-usaha di sekolah atau di luar sekolah sebagai unit usaha sekolah
  6. Melaksanakan pengembangan system  penilaian yang  berencana dan berkala untuk meningkatkan keunggulan lokal, kepentingan nasional  dan mampu berkompetisi secara global

                                      a.      Pengembangan perangkat model-model penilaian pembelajaran

  1.                                      b.      Implementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan bersama, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional
  2.                                       c.      Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
  3.                                      d.      Pengembangan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau BSNP
  4.                                      e.      Pengembangan lomba-lomba, uji coba, dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi
  5.                                        f.      Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik
  6.                                       g.      Melaksanakan kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik
  7. Melaksanakan pengembangan penghayatan dan pengamalan ajaran agama, etika moral dan karakter bangsa
    1. Pengajian dan kajian kitab secara rutin sebagai sarana Pengembangan kegiatan peningkatan mutu keimanan dan ketaqwaan
    2. Menanamkaan rasa nasionalisme yang tinggi pada peserta didik
    3. Pengembangan pendidikan berbasis keunggulan local, berbudaya, berkearifan lokal dan berkarakter bangsa
  8. Melaksanakan pengembangan penataan lingkungan budaya sekolah yang kondusif, dan mitigasi bencana
    1. Pengembangan lingkungan sekolah yang kondusif.
    2. Implementasi pembudayaan  5S (Senyum, Salam, Sapa, sopan dan santun)
    3. Membiasakan warga sekolah untuk melaksanakan TUMITLANGKUNG (tujuh menit untuk

    kelas dan lingkungan)

  1. Mengembangkan pendidikan batik, seni dan budaya sebagai keunggulan lokal
  2. Mitigasi dan tanggap bencana terintegrasi dalam mata pelajaran yang relevan

 

 

 

 

3    TUJUAN SEKOLAH (  1 – 4 Tahunan)

Sasaran 1

Terwujudnya kurikulum berbasis kompetensi, yang mendorong peserta didik berprestasi secara global baik dalam bidang akademis maupun non akademis

  1. Memiliki kurikulum satuan pendidikan dengan muatan kurikulum berwawasan global
  2. Memiliki silabus, pemetaan kompetensi dasar dan sistem penilaian semua mata pelajaran 
  3. Memiliki Bahan ajar sesuai kebutuhan peserta didik dan berperspektif gender
  4. Memiliki  desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global

Sasaran ke-2

Terwujudnya  pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berwawasan global sesuai  tuntutan kurikulum

  1. Memiliki guru berkualifikasi pendidikan minimal S-1
  2. Guru aktif dalam pengembangan profesi melalui MGMP dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya
  3. Guru menghasilkan penelitian-penelitian ilmiah sebagai pengembangan profesi
  4. Guru melaksanakan  pembelajaran yang berbasis IT
  5. Tenaga kependidikan trampil dalam menggunakan IT
  6. Terlaksana sistem administrasi yang mudah diakses oleh masyarakat luas

 

Sasaran ke-3

Terwujudnya  pembelajaaran yang efektifl sesuai  dengan kebutuhan dan potensi peserta didik 

  1. Terlaksananya inovasi-inovasi pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan metode, strategi pembelajaran kontektual atau CTL (Contextual Teaching and Learning)
  2. Terlaksananya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student center)
  3. Terlaksananya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta gembira, berbobot (PAIKEM GEMBROT) dan menantang
  4. Terlaksanaya model-model pembelajaran dalam proses pembelajaran
  5. Terlaksananya  manajemen kelas sesuai kebutuhan peserta didik
  6. Memiliki desain pembelajaran yang mendukung pencapaian kurikulum berwawasan global

Sasaran ke-4

Terwujudnya fasilitas pendidikan yang memadai dan  inovatif sebagai pusat pembudayaan IPTEK dan IMTAQ yang berkarakter bangsa

  1. Memiliki  media pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran
  2. memiliki prasarana pendukung pendidikan yang memadai
  3. Memilik peralatan laboraturium computer, IPA, Bahasa dan laboraturium lainnya
  4. Memilik jaringan internet,  baik bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif baik di dalam maupun  di luar ruangan

Sasaran ke-5

Terwujudnya  lulusan  yang berkualitas berkepribadian, tangguh dan berdaya saing tinggi

  1. Terlaksana secara optimal remedial teaching dan pengayaan
  2. Meningkatnya pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap semester atau tahunnya
  3. Memegang  kejuaraan lomba pada bidang akademik dan non akademik
  4. Terwujud lulusan yang berilmu, bermoral dan berkepribadian Indonesia
  5. Meningkatnya nilai rata-rata kelulusan 0,1 setiap tahunnya
  6. Berperingkat 5 (lima) besar di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sasaran ke-6

Terwujudnya kelembagaan dan manajemen sekolah yang mantap dan  komprehensif

  1. Memilik visi, misi dan tujuan sekolah yang dibuat oleh semua warga sekolah
  2. Memilik rencana kerja  sekolah (RKS) tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang
  3. Terlaksananya pendayagunaan SDM sekolah dengan pembagian tugas secara jelas
  4. Memilik struktur dan keorganisasian  sesuai dengan kebutuhan sekolah
  5. Terimplementasinya Manajemen Berbasis Sekolah mengenai kemandirian, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/ kerjasama, fleksibilitas dan kontinyuitas baik mengenai program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah
  6. Terlaksanya PPDB secara mandiri, transparan dan akuntabel
  7. Terjalin kerjasama/ kemitraan dengan lembaga lain
  8. Memiliki  standar akreditasi sebagai acuan dalam mempersiapkan diri dalam akreditasi sekolah
  9. Terlaksananya system informasi manajemen yang mudah diakses oleh warga sekolah dan masyarakat

Sasaran ke-7

Terwujudnya  pembiayaan pendidikan dengan prinsip berkeadilan secara transparan dan akuntabel

  1. Masyarakat  berperan di bidang pembiayaan sekolah melalui  komite sekolah
  2. Terlaksananya program subsidi silang dengan memperhatikan siswa dari keluarga miskin dan siswa berprestasi
  3. Terlaksananya penggalangan dana dari berbagai sumber yang syah, termasuk dari alumni
  4. Terciptanya usaha-usaha dengan pendayagunaan potensi sekolah atau di luar sekolah sebagai unit usaha sekolah

Sasaran ke-8

Terwujudnya sistem penilaian yang berencana dan berkala untuk meningkatkan keunggulan lokal, kepentingan nasional  dan mampu berkompetisi secara global

                                           a.      Memilik perangkat model-model penilaian pembelajaran yang terprogram

  1.                                     b.      Terimplementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan bersama, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional
  2.                                      c.      Memiliki instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
  3.                                     d.      Memiliki pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau BSNP
  4.                                     e.      Terlaksananya uji coba, try out dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi
  5.                                      f.      Terjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik
  6.                                     g.      Terlaksana kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik

 

Sasaran ke-9

Terwujudnya penghayatan dan pengamalan ajaran agama, etika moral dan karakter bangsa

  1. Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur
  2. Terwujudnya rasa nasionalisme yang tinggi pada peserta didik
  3. Terwujudnya pendidikan berbasis keunggulan lokal, berbudaya, berkearifan lokal dan berkarakter bangsa

Sasaran ke-10

Terwujudnya penataan lingkungan budaya sekolah yang kondusif, dan mitigasi bencana

  1. Terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif.
  2. Implementasi pembudayaan  5S (Senyum, Salam, Sapa, sopan dan santun)
  3. Terciptanya warga sekolah yang peduli terhadap kelas dan lingkungannya dengan melaksanakan TUMITLANGKUNG (tujuh menit untuk kelas dan lingkungan)
  4. Memiliki studio batik, seni dan budaya yang komprehensip
  5. Mitigasi dan tanggap bencana terintegrasi dalam mata pelajaran yang relevan